Menilik Potensi Budidaya Udang Windu di Desa Sepatin

Foto : Ilustrasi budidaya udang windu. (Istimewa)

Tenggarong, Prediksi.co.id - Desa Sepatin yang terletak di Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi yang besar dari budidaya udang windu. Terbukti, udang windu hasil nelayan tambak di Desa Sepatin bahkan mampu disuplai hingga ke beberapa daerah. 

Melihat potensi yang besar itu, banyak juga masyarakat di Desa Sepatin yang memilih untuk melakukan budidaya udang windu, karena dinilai bisa menjadi sektor perikanan unggulan bagi Kukar. 

Kepala Desa Sepatin, Arianto Juanda mengatakan bahwa sejauh ini telah terbukti jika budidaya udang windu itu mampu membantu peningkatan perekonomian masyarakat di desanya. 

"Penghasilan masyarakat di Desa Sepatin kebanyakan dari budidaya udang windu itu," ucap Arianto saat dikonfirmasi awak media, Kamis (11/5/2023). 

Arianto mengaku bahwa masyarakat di desanya bahkan bisa meraup untung hingga ratusan juta dalam sekali panen udang windu itu. Meski begitu, hasil tersebut juga tergantung dari luasan tambak udang yang dimiliki oleh warga. 

Oleh karena itu, ia berharap kedepannya budidaya udang windu ini dapat ditingkatkan lagi oleh masyarakat di desanya, sehingga nilai jual yang didapat lebih tinggi lagi. 

"Harapannya masyarakat bisa mengelola budidaya udang windu ini sehingga tidak perlu lagi dijual secara baku. Karena jika hasil alamnya dijual sendiri maka nilainya juga akan tinggi," pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama