Program Pendekar Kukar Idaman Dibuka Untuk Memajukan Masyarakat Lokal di Kukar


Foto : Suasana Tes yang diikuti oleh calon Pendekar Idaman (Istimewa)

Tenggarong, Prediksi.co.id- Asisten I Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutai Kartanegara (Kukar), Akhmad Taufik Hidayat membuka tahap rekrutmen program Pendampingan Desa dan Kelurahan (Pendekar) Kukar Idaman di Gedung Serbaguna Sekretariat DPRD Kukar pada Jum'at (19/5/2023). 

Program ini bertujuan untuk memajukan dan memperkuat masyarakat di Kukar. Sebanyak 94 peserta mengikuti rekrutmen ini, dengan 84 peserta untuk menjadi pendamping lokal Kelurahan dan Desa, serta 10 peserta untuk menjadi Pendekar Idaman tingkat Kecamatan.

Nantinya, hanya 66 peserta yang akan terpilih menjadi pendamping lokal Kelurahan dan Desa, sedangkan 7 peserta akan terpilih sebagai pendamping tingkat Kecamatan.

Dalam sambutannya, Taufik menekankan pentingnya sumber daya manusia yang kompeten dalam melaksanakan tugas pendampingan di lapangan. Tujuan dari rekrutmen ini adalah untuk menemukan pendamping yang memenuhi kriteria baik dari segi kualitas maupun kuantitas, sehingga dapat memastikan pengembangan di pemerintahan lokal berjalan dengan baik.

"Pendekar Idaman ini, akan melaksanakan tugas pendampingan Desa dan Kelurahan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi kegiatan pembangunan. Maka mereka harus punya kemampuan dan kemauan yang tinggi," ucap Taufik.

Pendekar Idaman yang terpilih diharapkan berasal dari wilayah setempat, sehingga pendampingan dapat berjalan dengan lebih baik.

"Seleksi ini dilakukan, untuk mengisi kekosongan posisi pendamping. Baik di tingkat lokal Desa dan Kelurahan, maupun Kecamatan. Nantinya yang terpilih diharapkan merupakan warga desa setempat sehingga pendampingan berjalan intens," pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama