Samsun Apresiasi Pemkab Kukar, Salurkan 140 Ton Bibit Budidaya Rumput Laut ke Nelayan Samboja

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id - Peningkatan ekonomi dalam ikhtiar memaksimalkan kemandirian pangan terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), kali ini dari industri perikanan dengan menyalurkan 140 Ton bibit budidaya rumput laut. 

Dalam penyaluran bibit tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin ke penerima manfaat yakni petani pembudidaya rumput laut Samboja, Jumat (12/5/2023) didampingi Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun.

"Bantuan berupa bibit rumput laut ini kami berikan kepada 10 Kelompok pembudidaya rumput laut. Masing-masing  Kelompok mendapatkan 14 Ton, di Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Samboja, ungkap Rendi Solihin.

Hasil budidaya rumput laut, kata Rendi sangat menjanjikan dan sudah banyak dirasakan oleh masyarakat pesisir Kutai Kartanegara.

"Bahkan sekarang banyak nelayan tangkap laut yang justru beralih ke budidaya rumput laut karena hasilnya lebih besar," katanya.

Melihat potensi tersebut, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara pun hadir dengan memberikan bantuan melalui program dedikasi "Kukar Idaman".

"Di dalam program tersebut terdapat program bantuan 25 ribu nelayan produktif. Program ini dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara hingga 2024" jelas Bendahara DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kutai Kartanegara ini.

Sejalan dengan komitmennya, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara juga telah menganggarkan bantuan terhadap nelayan senilai Rp219 Miliar pada tahun 2023.

"Yang jelas pada tahun ini ada 9.500 nelayan di Kutai Kartanegara yang mendapat bantuan," terangnya.

Dikesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengatakan, kehadiran dirinya ialah untuk memastikan program benar-benar berdampak dan bermanfaat untuk masyarakat.

Apalagi, Samsun menjelaskan, bupati dan wakil bupati Kukar ini merupakan kader PDI Perjuangan, sehingga di samping bertemu, dirinya juga sembari menyerap aspirasi masyarakat daerah pemilihannya.

“Memang setiap kita turun pasti ada saja aspirasi yang diharapkan masyarakat. Beberapa yang menjadi urgensi antara lain, di jalan Provinsi ruas jalan Samboja yang belum selesai untuk segera di selesaikan. Termasuk ada galian pipa yang merusak jalan. Ini akan kita coba sampaikan pada pemerintah agar segera terealisasi,” kata Muhammad Samsun.

"Kita berharap program bantuan bibit rumput laut ini, bisa menjadi semangat baru masyarakat nelayan samboja dan menjadi sumber penghasilan untuk menjadi wilayah yang mandiri secara pangan," tutupnya. (Di/Le/ADV/DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama