Upaya Mengembangkan Sektor Pertanian di Kukar, Bupati Minta Generasi Muda Ikut Turun Bertani

Foto : Bupati Kukar Edi Damansyah. 

Tenggarong, Prediksi.co.id- Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah akan mendorong para pemuda yang ada di Kukar untuk membentuk kelompok tani milenial. Tujuannya yakni guna menghidupkan sektor pertanian serta merealisasikan Kukar sebagai lumbung pangan Ibu Kota Negara (IKN). 

Edi Damansyah menyebutkan sekitar 42 persen kebutuhan pangan Kaltim diproduksi dari Kukar. Karenanya ke depan Pemkab ingin menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan Kaltim.

“Jadi sektor pertanian ini harus dikelola oleh generasi muda. Itu yang terus saya sampaikan bahwa sektor pertanian hari ini sudah bergeser menjadi teknologi dan manajemen, artinya yang mengelola itu adalah anak muda,” jelas Edi, Kamis (11/05/2023).

Walau belum berjalan secara maksimal di Kukar, namun sektor pertanian diyakini sebagai potensi yang cukup konsisten. Mengingat saat Kukar dilanda Pandemi covid-19, statistik pada peningkatan di sektor pertanian di Kukar bahkan terus naik.

“Waktu pandemi kemarin beberapa sektor mengalami bangkrut, namun sektor pertanian terus tumbuh, jadi itu statistik menunjukan peningkatan sektor pertanian dalam arti luas di Kukar, sektor pangan menjadi sektor andalan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia berharap agar masyarakat terutama anak muda untuk merubah pola pikir bahwa menjadi petani tidak harus identik dengan kotor dan lumpur, sebab yang diutamakan sekarang adalah manajemen dan teknologi.

“Saya terus berharap agar sektor pertanian ini menjadi peluang lapangan kerja khususnya generasi muda di Kukar. Insyaallah karena memang kebijakan kita RPJMD di sektor pertanian menjadi sektor andalan selain pariwisata dan ekonomi kreatif,” pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama