Wisatawan Bisa Susur Sungai di Desa Muara Muntai Ulu

Foto : Ilustrasi Kapal wisata Susur Sungai Mahakam di Desa Muara Muntai Ulu (Istimewa)

Tenggarong, Prediksi.co.id - Tawarkan sensasi susur Sungai Mahakam, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Muara Muntai Ulu, Kecamatan Muara Muntai sediakan kapal wisata untuk tarik minat wisatawan. 

Ketua Pokdarwis Muara Muntai Ulu, Wahyudi Nur, mengatakan bahwa banyak orang yang tertarik untuk menyusuri sungai yang dikenal sebagai sungai terpanjang ke 2 di Indonesia ini. Sebab itu, pihaknya mengembangkan wisata susur Sungai Mahakam yang juga dilengkapi dengan paket wisata kuliner khas Kutai. 

"Wisata susur Sungai Mahakam ini kami sediakan dua paket yang berbeda. Yang pertama adalah paket reguler menjelaskan sungai Mahakam, sedangkan yang kedua itu paket dengan wisata kuliner. Paket reguler itu tarifnya Rp.25-50 ribu per orang, sedangkan paket kuliner itu Rp.150-200 ribu per orang," ungkap Wahyudi.

Wahyudi mengungkapkan bahwa perjalanan susur sungai ini memiliki durasi hingga 2 jam, sehingga para wisatawan dapat puas menikmati pemandangan. 

"Sekarang ini kita baru punya satu unit kapal, yang dioperasikan untuk wisata susur sungai Mahakam ini. Karena kemarin kami dapat bantuan dari pemerintah, sebelumnya kami berjalan menggunakan kapal masyarakat yang mengelola Ferry penyebrangan," ungkapnya.

Wisata susur sungai Mahakam ini sendiri, dikatakan oleh Wahyudi. Telah berjalan sejak tahun 2019 dan masih tetap aktif dinikmati wisatawan. Beroperasi dengan sistem paket per keberangkatan kapal, nyatanya wisata susur sungai  Mahakam ini cukup ramai diminati. Bahkan hingga wisatawan dari luar pulau Kalimantan.

“Jadi jika dihitung dari tahun 2019 hingga 2022, kami telah menerima sekitar 20 lebih kunjungan dari luar daerah, satu rombongannya itu sekitar 20-40 orang,” pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama