Disbun Kukar Rencanakan Pengembangan Komoditas Kakao di Desa Lung Anai

Foto : Ilustrasi kakao.

Tenggarong, Prediksi.co.id - Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) rencananya akan mengembangkan potensi perkebunan kakao yang ada di Desa Lung Anai Kecamatan Loa Kulu, Kukar. 

Hal iti dikatakan langsung oleh Kepala Bidang Produksi Disbun Kukar, Subagio saat dikonfirmasi awak media pada (10/6/2023). 

Ia mengatakan bahwa saat ini Disbun Kukar tengah fokus mengembangkan potensi komoditas kakao di Desa Lung Anai. 

Bahkan disebutkannya, upaya pengembangan kakao ini, tidak hanya dilakukan oleh pemkab. Tapi mendapat binaan dari akademisi Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong dan juga PT Multi Harapan Utama (MHU).

“Saat ini, kita terus melakukan proses pengembangan. Kita terus dukung dengan bantuan, baik bibit maupun juga pestisida untuk pemeliharaan,” ucap Subagio.

Para petani kakao yang ada di Desa Lung Anai juga nantinya akan mendapatkan pembinaan dari PT MHU, agar produk kakao dapat menjadi unggulan. 

"Sehingga para petani bisa langsung mengolah hasil perkebunannya dan menjualnya dalam bentuk produk jadi. Hanya saja memang belum ditetapkan produk apa yang akan dibuat dari perkebunan kakao ini," ungkapnya. 

Subagio memastikan bahwa Disbun Kukar akan memberikan bantuan berupa alat produksi agar perkebunan kakao di Desa Lung Anai lebih baik lagi. 

Ia mengaku sangat optimis jika nantinya pengembangan kakao di Desa Lung Anai bisa berjalan dengan sukses. Mengingat tempat pengolahan kakao ini, telah memiliki rumah produksi dengan memanfaatkan bekas sekretariat forum. Ditambah lagi kesediaan PT MHU dalam mengawal pengembangan kakao ini, baik dalam menciptakan produk unggulan dan membantu proses pemasaran.

“Kita berharap nanti, apa yang menjadi komitmen bersama Pemkab, PT MHU, dan Unikarta ini, bisa menghasilkan produk unggulan desa. Karena kan setiap desa di Kukar ini harus punya produk unggulan, nah di Lung Anai ini nanti produk unggulannya kakao Lung Anai,” pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama