Edi Damansyah Ingin Kukar Jadi Pemasok Daging IKN

Foto : Bupati Kukar saat meninjau peternakan sapi di Desa Lebaho Ulaq.

Tenggarong, Prediksi.co.id- Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah didampingi kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Sutikno melakukan tinjauan terhadap pusat pengembangan peternakan sapi di Desa Lebaho Ulaq, Kecamatan Muara Kaman, pada Kamis (15/6/2023).

Dalam peninjauan itu, Edi Damansyah melihat langsung kondisi sapi di sana. Kurang lebih 60 ekor sapi jenis sapi Bali dan 20 ekor kambing yang dikembangkan di areal seluas 70 hektar itu.

Usai tinjauan, Edi melihat besarnya potensi pengembangan peternakan di Kukar. Ia pun berkeinginan nantinya Kukar dapat menjadi pemasok daging bagi Ibu Kota Negara (IKN). 

“Namun dari areal seluas kurang lebih 300 hektar baru sekitar 70 hektar yang dikelola oleh pak Markus ini, tadi sudah kita lihat pengembangan sapinya sudah cukup bagus,” ungkapnya.

Edi berharap areal peternakan sapi yang merupakan aset Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kukar ini dengan pola kemitraan bisa termanfaatkan dengan baik.

“Tadi kepala Desa Lebaho Ulaq sudah kita dorong bersama kelompok – kelompok masyarakat untuk memanfaatkan kawasan peternakan ini,” ucap Edi.

Disebutkannya pengembangan peternakan sapi tersebut tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan daging Kukar saja, tetapi untuk kebutuhan menghadapi IKN di Kaltim.

“Kita ingin Kukar menjadi pemasok terbesar kebutuhan daging IKN nanti” pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama