Memasuki Kemarau Asisten III Setkab Kukar Ikuti Apel Siaga Karhutla

Foto : Apel kesiapsiagaan karhutla di Desa Sabintulung, Muara Kaman.

Tenggarong, Prediksi.co.id - Memasuki musim kemarau, jajaran Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) bersama dengan Kodim 0906/KKR dan Polres Kukar menggelar apel kesiapsiagaan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Lapangan Sepak Bola PT Sawit Kaltim Lestari (SKL), Desa Sabintulung, Kecamatan Muara Kaman, pada Jumat (2/6/2023).

Asisten III Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Totok Heru Subroto, mengatakan permasalahan Karhutla memang menjadi tanggungjawab bersama semua pihak. Oleh karena itu, apel ini merupakan bentuk kesiagaan dan memaparkan strategi bagaimana jika nantinya terjadi karhutla. 

"Apel ini bertujuan untuk meningkatkan kesiagaan seluruh pihak agar nantinya jika terjadi karhutla kita mempunyai strategi," ucap Totok Heru Subroto. 

Ia juga mengajak seluruh masyarakat agar turut meningkatkan kewaspadaan dan menghindari segala bentuk penyebab terjadinya kobaran api. Sehingga peran dan partisipasi tokoh masyarakat juga sangat diharapkan harus mendukung kesiapsiagaan ini.

“Dan yang terpenting adalah peran dunia usaha terutama yang berbasis lahan wajib hukumnya menjaga arealnya masing-masing, hindari dari kebakaran hutan, jaga wilayahnya masing masing itu,” pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama