Pemkab Kukar Alokasikan Rp5,5 Miliar, Perbaiki Jalan Desa Tani Bhakti


Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara terus melakukan pembenahan dan pembangunan, salah satu langkah konkretnya ialah dengan menggelontorkan anggaran sebesar Rp5,5 Miliar untuk perbaikan jalan poros di daerah Desa Tani Bhakti, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin saat memimpin pengecekkan progres pembangunan sejumlah infrastruktur di Kukar.

Anggaran tersebut dipergunakan untuk membenahi jalan rusak sepanjang 1,4 kilometer dari total panjang 6 kilometer direhabilitasi menggunakan dana yang bersumber dari APBD Murni 2023.

Warga mengaku telah belasan tahun menunggu, akhirnya jalan poros di Desa Tani Bhakti mendapat sentuhan dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Di bawah kepemimpinan Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, jalan utama tersebut diperbaiki secara bertahap.

Rendi Solihin melakukan pengecekkan dan pengawasan terhadap proyek pembangunan yang didanai melalui APBD Kabupaten Kukar.

"Hari ini kita lakukan rangkaian pengawasan terhadap pembangunan jalan, jembatan dan infrastrutur lainnya," ucap Rendi Solihin, Selasa (27/6/2023).

Disela kunjungannya, ia menuturkan terdapat dua kecamatan yang dikunjungi kali ini, yakni Loa Janan dan Loa Kulu. Rendi melihat langsung perkembangan sejumlah program prioritas yang telah dijalankan, maupun yang sedang dalam proses pengerjaan.

"Secara kasat mata semua berjalan dengan baik, bahkan pembangunan jalan sudah selesai sebelum masa kontrak berakhir. Semoga tidak mengurangi kualitas jalan, nanti instansi terkait akan melakukan pengecekan lebih detail mengenai kualitas jalan ini," tuturnya.

Jalan penghubung antar desa ini, kata Rendi lagi, menjadi salah satu perhatian pihaknya, bahkan di 2024 terdapat beberapa titik yang akan dilanjutkan pengerjaannya.

"Pembangunan jalan lingkungan penghubung antar desa menjadi salah satu prioritas kami yang tertuang dalam RPJMD Kukar Idaman, dan di ada beberapa titik yang akan dilanjutkan pada tahun depan," jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Desa Tani Bhakti Muhammad Amin menerangkan, pihaknya bersyukur dan berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Bahkan, ia tak menyangka, keresahan masyarakat mengenai permasalahan infrastruktur jalan, mendapat respon cepat dari Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin.

"Jalan poros di Desa Tani Bhakti memang pantas mendapat perbaikan. Pertama, jalan tersebut merupakan akses vital bagi masyarakat sekitar. Banyak kendaraan yang melintasi jalan ini sebagai jalan utama." Ungkapnya.

Alasan kedua, jalan poros di Desa Tani Bhakti lama tak terjamah. Setidaknya, sudah 11 tahun warga di desa tersebut menanti perbaikan jalan rusak.

Sebagaimana diketahui, perbaikan jalan poros di Desa Tani Bhakti, Kecamatan Loa Janan menggunakan konstruksi jalan cor beton Ready Mix.

Konstruksi jalan beton menjadi pilihan karena dapat menahan kendaraan yang berat, tahan terhadap genangan air dan banjir. Biaya perawatannya juga lebih murah jika dibandingkan jalan aspal.

Adapun, perbaikan jalan poros di Desa Tani Bhakti memiliki lebar 5,5 meter dengan ketebalan 20 centimeter. 

Jalan poros ini juga menjadi jalan pertanian yang dimanfaatkan oleh warga desa. Untuk itu, Amin berharap perbaikan jalan di desanya bisa berlanjut tahun depan.

"Ini jalan utama untuk transportasi masyarakat, satu-satunya jalan poros dan memang sangat vital. Kalau jalan rusak, masyarakat pasti mengeluh ke Kepala Desa," tukasnya. (Di/Le/Tot)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama