Sekda Kukar Pimpin Apel Siaga Karhutla

Foto : Suasana apel siaga Karhutla

Tenggarong, Prediksi .co.id- Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono pimpin apel siaga serentak pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di 10 Kabupaten, Kota, dan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), di halaman Parkir Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Kamis (22/6/2023). 

Diketahui bahwa, menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan pada tanggal 13 Mei 2023 mendeteksi 30 titik panas (Indikator Awal Karhutla) tersebar di Kaltim. Untuk itu, semua pihak diminta waspada agar jumlah titik panas tidak bertambah.

Sunggono mengatakan adanya apel siaga Karhutla ini guna mencari tahu strategi dan mempersiapkan diri jika nantinya terjadi kebakaran hutan di Kukar.

“Karhutla menimbulkan dampak negatif terhadap aspek sosial, ekonomis, ekologis, politis, baik pada skala nasional, regional maupun global yang beresiko sangat merugikan bagi daerah dan negara,” ucap Sunggono.

Sunggono mengatakan, apel siaga ini sangat perlu dilakukan, sebab diketahui Kukar dikelilingi oleh hutan yang lebat dan lahan yang luas. 

"Sehingga perlu ditingkatkan lagi kewaspadaan," pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama