Bantuan Pupuk 492,3 Ton Ke Petani, Samsun Dorong Maksimal

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Perhatian terhadap petani termanifestasi dalam bentuk bantuan pupuk organik atau hayati granul. Hal ini merupakan bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Kukar melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar, kepada petani-petani di kelurahan yang ada di Kukar, setidaknya sekitar 492.300 kilogram alias 492,3 ton.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun menyebut sektor pertanian mempunyai peran strategis dalam mendukung perekonomian nasional, dalam ketahanan pangan, peningkatan daya saing, penyerapan tenaga kerja dan penanggulangan kemiskinan. Inilah yang membuat dirinya konsen terhadap sektor pertanian dalam arti luas.

Mukidi, seorang petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Mekar Jaya Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara, mengapresiasi apa yang dilakukan Samsun, atas perhatian terhadap para petani.

“Alhamdulilah sudah banyak bantuan pertanian yang terealisasi dari aspirasi kami di Desa Mekar Jaya, karena bantuan Wakil Ketua DPRD Muhammad Samsun,” ungkapnya Mukidi.

Bahkan menurut Mukidi, Samsun sering berkunjung di Desa Mekar Jaya, kemudian sejak 2019 telah banyak aspirasi yang terealisasi. Diantaranya pembuatan 14 pintu air, bantuan racun hama, pupuk tanaman, hingga mesin dan alat pertanian (Alsintan).

“Kami disini sudah ibarat anak yang selalu diupayakan kebutuhannya agar terpenuhi, dalam hal ini berkaitan pembangunan sektor pertanian,” sebut Mukidi.

Sementara itu, Muhammad Samsun menghatir syukur karena banyak menerima respon baik dari masyarakat, khususnya petani di Kukar. 

“Inilah fungsi kita sebagai wakil rakyat adalah mewakili rakyat untuk bagaimana mencari solusi atas kesulitan yang di alami rakyat,” kata Samsun.

Dengan demikian, fungsi wakil rakyat salah satunya mencari solusi bukan hanya sekedar fungsi dan membuat regulasi namun juga bisa mendapatkan solusi untuk mengatasi bagian dari kesejahteraan rakyat.

“Alhamdulilah hari ini ada sekitar 126 ton pupuk dari Pemkab Kukar yang kita bagikan kepada masyarakat petani yang tersebar di wilayah Kabupaten Kukar,” kata Samsun saat melakukan penyerahan bantuan pupuk kepada petani di Desa Mekar Jaya.

“Selain pupuk, kita juga mengupayakan bantuan dari pemerintah yakni penyaluran bantuan Cultifaktor dan Handtraktor. Alhamdulilah, telah banyak terealisasi diberikan kepada kelompok tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan),” sambungnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama