Samsun Dukung Penuh Pemprov Kaltim Programkan Lahan Produktif Pertanian 1.000 Hektare

Samarinda, Prediksi.co.id- Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mendukung penuh langkah Pemprov Kaltim dalam kemandirian pangan Bumi Etam dengan melakukan pengadaan lahan hingga 1.000 hektare kawasan produktif pertanian.

Bahkan, Samsun menjelaskan, hal ini luar biasa, apalagi bisa direalisasikan 1.000 hektare per tahunnya.

“Kalau kepala daerah kemudian  memprogramkan 1.000 hektare setiap tahun dalam waktu masa jabatan, yang jumlahnya ada 5 tahun, artinya akan ada 5.000 hektare kawasan pertanian produktif, dan itu keren,” kata Samsun.

Mengingat kebutuhan pangan di Kalimantan Timur cukup tinggi dan hari ini belum bisa terpenuhi oleh swasembada pangan Bumi Etam.

Apalagi, Kukar menjadi salah satu sumber utama pangan Kaltim yang terbesar, melampaui PPU. Kukar memiliki lumbung-lumbung pangan yang luar biasa.

"Di 2023 kita upayakan bagaimana kita bantu para petani, mulai dari APBD Provinsi dalam bentuk keuangan maupun belanjaan langsung, maupun APBD Kabupaten yang kita dorong yang memang kita arahkan ke arah sana." Ungkapnya.

"Dan sekarang ada kurang lebih 25 Milyar yang akan kita dedikasikan untuk petani-petani di Kukar. " Sambungnya.

Dalam rangkaian program tanam 1000 Hektar itu jua diberikan secara simbolis bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) sebanyak 523 unit yang disebar di delapan kabupaten. Untuk Kukar mendapat 295 unit disebar di lima kecamatan.

Ditegaskan Samsun, baiknya dukungan ini tidak merujuk untuk satu kawasan saja, tetapi menjadi penting ialah ketika pemerintah membuka lahan hendaknya juga harus mempertahankan lahan yang ada.

“DPR dan Gubernur sudah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Perlindungan Lahan Pertanian. Itu harus kita jaga supaya tidak tergerus dengan aktifitas sektor lain, baik pertambangan dan sebagainya,” tegas Samsun,

Samsun juga mengaku telah membicarakan potensi ini dan menanyakan langsung kepada Gubernur H Isran Noor, strategi apa yang perlu dibangun untuk kemandirian pangan di Kalimantan Timur selain mengembangkan lahan pertanian yang masih sangat luas.

“Karena mau berapapun kita buka menajdi lahan pertanian sangat memungkinkan. Cuman ini harus ada dukungan juga,” kata Samsun. (Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama