Senam Jepen Di Sekolah Kukar, Rendi Solihin: Dukung Penuh!

DUKUNG PENUH: Rendi Solihin Beri perhatian dan dukungan senam Jepen di sekolah-sekolah di Kukar (Tim Keren)

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin memberikan apresiasi dan mendukung penuh penerapan senam jepen di setiap sekolah di Kutai Kartanegara.

Hal ini sejalan dengan imbauan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI) mewajibkan senam atau gymnastics sebagai olahraga wajib di sekolah. 

Senam Jepen pertama kali diperkenalkan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar pada tahun 2018. Senam ini diharapkan dapat menjadi ciri khas Kukar dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Senam ini juga menjadi ajang lomba yang diadakan oleh Dispora Kukar untuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Rendi menjelaskan, penerapan aturan ini akan dipadukan dengan budaya setempat. Sekaligus merakyatkan olahraga di kalangan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Informasi dari Dispora Kukar masih digodok regulasinya. Jika disetujui akan segera dilaksanakan di bulan September," ujarnya.

Rendi menjelaskan, peserta senam akan mendapatkan instruktur yang telah mempelajari gerakan ini. Gerakannya ditampilkan melalui video taping yang disediakan Dispora Kukar.

"Ini pertama kalinya, dan Pemkab Kukar masih mempersiapkan gerakan dan video instrukturnya," ungkap Rendi Solihin.

Ia memastikan, Senam Jepen ini merupakan upaya pemerintah lintas organisasi perangkat daerah (OPD) dalam melestarikan budaya Kutai.

Khususnya di era modern karena sudah menjadi peran pemerintah untuk ikut mengangkat seni budaya Kutai. 

Sebab itu, Pemkab Kukar melalui Dispora terus mensosialisasikan senam jepen sembari menunggu anggaran pelaksanaan dari APBD-Perubahan 2023.

"Dispora tengah mempersiapkan, juga melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk memasyarakatkan tarian jepen ini," tandas Rendi Solihin. (Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama