APBD Kaltim Meningkat, Pembangunan Kaltim di Berbagai Sektor

Anggota DPRD Kaltim Solehuddin (Foto:Ist)

Samarinda, Prediksi.co.id- Peningkatan signifikan APBD Kaltim tentunya akan berdampak terhadap potensial pengembangan Kaltim ke depan.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim, Salehuddin memberikan apresiasi pada upaya pemerintah provinsi terkait dengan peningkatan pendapatan dan struktur APBD Kaltim. 

"Pertama, kita memberikan apresiasi kinerja pemerintah provinsi," ungkapnya.
Peningkatan ini menjadi sorotan utama bagi Salehuddin, ia mencatat bahwa APBD Kaltim pada tahun 2023 mengalami lonjakan drastis. Awalnya dianggarkan sebesar Rp14 triliun, namun justru meningkat menjadi Rp25 triliun. 

Perubahan tersebut patut diapresiasi karena mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang kuat di Provinsi Kaltim. Ini menciptakan potensi untuk pengembangan lebih lanjut di berbagai sektor.

"Harapan kita sebenarnya, bagaimana APBD yang besar, pendapatan yang besar, disertai juga dengan belanja besar itu bisa menyentuh berbagai permasalahan-permasalahan pokok yang ada di Bumi Etam," jelasnya.

Pada saat APBD Kaltim semakin berkembang, tentu harapan-harapan akan muncul, tentang bagaimana dana yang besar tersebut dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan krusial di Kaltim. Salah satu permasalahan yang menjadi sorotan Salehuddin, adalah pemerataan sarana prasarana.

"Dengan pengelolaan yang tepat, APBD yang besar ini bisa memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat dan mengangkat kualitas hidup masyarakat ke tingkat yang lebih baik," lanjutnya.

Utamanya, semua kebijakan dan kewenangan pemerintah provinsi. Contohnya, kondisi jalan-jalan yang telah mengalami kerusakan luar biasa. Tentunya, kerusakan akses jalan-jalan ini akan mengganggu perjalanan masyarakat Kaltim.

Seharusnya lanjut dia, pemerintah provinsi lebih proaktif dalam memperbaiki kerusakan jalan yang menjadi kewenangannya. Pasalnya kerusakan ini tidak hanya mengganggu, akan tetapi memberikan beberapa efek yang lain. Seperti, harga-harga sembako menjadi naik.

"Saya rasa, penting untuk memastikan bahwa anggaran besar ini digunakan secara bijak untuk memecahkan permasalahan pokok yang ada di Kaltim, termasuk perbaikan sarana prasarana yang menjadi prioritas utama," pungkasnya. (Ro/Le/Adv DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama