Jelang Pemilu 2024, Disdukcapil Kukar Mutakhirkan Data Pemilih

Foto: Kadisdukcapil Kukar Muhammad Iryanto (Ist)

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Semua persiapan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) terus dimatangkan, begitu juga di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kukar terus berupaya melakukan pemutakhiran data. Seperti  warga yang telah meninggal namun secara administrasi di Kartu Keluarga (KK) masih terdata sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT), inilah yang diperbaharui.

Kadisdukcapil Kukar Muhammad Iryanto menjelaskan pemutakhiran data ini telah dilakukan sejak awal tahun, menjadi sangat penting untuk menghapus data pemilih yang telah meninggal dunia, jika data tidak diperbaharui, inilah faktor utama yang menyebabkan tingginya golput di masyarakat.

"Kita bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar untuk mendapatkan data hasil Coklit. Dan kemarin di bulan April 2023 jumlahnya 7.889 orang. Dan saat ini kami sudah bersihkan nama yang sudah meninggal sekitar 8.000 hingga 10.000 orang. Dan data ini terus bergerak hingga di Pemilu nanti,” ujar Iryanto, Sabtu (21/10).

Disdukcapil juga melakukan verifikasi ulang. Sehingga dapat membantu pembangunan demokrasi di Indonesia. Upaya sendiri ini tentunya diawali dengan menekan angka golput. Iryanto juga mengatakan pemutakhiran data ini sesuai arahan Bupati untuk terlibat dalam program pembangunan daerah. (Di/Le/Adv).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama