Anak Muda Suka Buat Konten, Seno Aji: Padahal Pertanian Punya Potensi

Foto: Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji.

Samarinda, Prediksi.co.id- Kemudahan berinteraksi lewat sosial media, dan peluang yang ada disana, membuat kebanyakan generasi muda kita berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan dari ngonten, padahal Indonesia potensi agrarisnya sangat besar, pertanian jadi tak dianggap sebagai pekerjaan yang bisa membuat mapan finansial, benarkah?

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Ir Seno Aji. Dirinyamembenarkan dunia Pertanian tidak menarik lagi bagi generasi muda sekarang, benar saja di dunia pertanian di dominasi para sepuh, petani yang berumur.

"Ini membuat anak-anak pengen jadi YouTubers, TikTokers maupun Selebgram. Jadi, konten kreator dianggap lebih menjanjikan," ungkapnya.

Ada hal lain lagi selain itu, generasi milenial sering kali melihat petani tradisional yang lusuh, bekerja keras di ladang tanpa hasil memadai.

"Faktor yang membuat anak milenial kurang minat pada Pertanian, karena mereka itu kan bercermin dari orang tua, melihat bagaimana sengsaranya petani. Orang tua mereka capek-capek di ladang, eh ternyata hasilnya tidak memuaskan. Nah dari situ mereka akhirnya banting setir," paparnya.

Menurutnya, menarik minat anak-anak untuk tertarik ke Dunia Pertanian harus diupayakan. Caranya, dengan memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang transformasi dalam dunia pertanian saat ini.

'Kita perlu memberikan gambaran pada kaum muda agar bagaimana menjadi petani milenial yang sukses. Kita kasih tahu bahwa petani saat ini tidak seperti zaman dulu, sekarang lebih modern," jelasnya.

Padahal, banyak petani sukses disekitar kita, tugas kitalah untuk membuat generasi muda tertarik terhadap pertanian. (Yi/Le/Adv DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama