Kemudahan Pengurusan Adminduk di Anggana

SEMAKIN MUDAH: Hairani, Operator Sistem Informasi Adminduk (FOTO: Ozan/DMG).

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Kemudahan berbasis teknologi sistem informasi terus digalakkan oleh pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara, salah satunya dengan sistem informasi administrasi kependudukan (adminduk) dengan telah diluncurkannya aplikasi berbasis web bernama (Adminduk Online).

Kemudahan ini didapati di Kecamatan Anggana, Kukar. Seperti yang dikatakan oleh Hairani, Operator Sistem Informasi Administrasi Kecamatan Anggana, ia menjelaskan, sistem online ini memungkinkan warga Kutai Kartanegara untuk mengakses layanan administrasi kependudukan secara online. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memperbarui data pribadi mereka.

" Data seperti Alamat, nomor telepon, dan informasi keluarga bisa diperbaharui, selain itu pengguna juga dapat mengajukan permohonan dokumen kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akta Kelahiran," ucapnya dihadapan wartawan, Selasa (10/10/2023).

Untuk diketahui, Adminduk merupakan rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan Data Kependudukan melalui Pendaftaran Penduduk, Pencatatan Sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan.

Adminduk Kukar, Hairani menuturkan juga telah meluncurkan program (Adminduk Mobile) yang memungkinkan petugas kependudukan untuk mengakses data kependudukan di lapangan menggunakan perangkat seluler. Program ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan data kependudukan.

"Pada tahun 2021, Adminduk Kukar juga meluncurkan program Adminduk Siaga yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Program ini mencakup pelatihan dan sertifikasi petugas kependudukan, pembaruan sistem informasi kependudukan, dan peningkatan kualitas layanan publik," terangnya.  (Oz/Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama