Sinergi Diskominfo Kukar, BPS Kukar, dan Bappeda Kukar Soal Agenda Verifikasi Metadata Kegiatan Statistik Sektoral 2023

Foto: Kolaborasi tiga dinas di bawah Pemkab Kukar soal Metadata Statistik Sektoral.

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Sinergi antar OPD di Kukar bisa menjadi contoh daerah lain. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kukar dan Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar lbersinergi dalam kegiatan Desk Verifikasi Metadata Kegiatan Statistik Sektoral bagi Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kukar untuk tahun 2023. 

Kegiatan yang  berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 9 hingga 10 Oktober 2023,  berlokasi di Hotel Harris Kota Samarinda.

Kepala Diskominfo Kukar, Dafip Haryanto, menyebut pentingnya data sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam era sistem informasi. 

"Pada rapat Koordinasi Forum Satu Data Indonesia yang digelar pada September 2023 lalu, telah disepakati daftar kebutuhan data perangkat daerah di Kabupaten Kukar sebanyak 1.624 data, yang saat ini masih dalam proses penetapan melalui Surat Keputusan Bupati Kukar." Terangnya.

Metadata, kata Dafip, memiliki peran penting dalam menyusun data dan telah diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Kegiatan Desk Verifikasi Metadata Kegiatan Statistik Sektoral selama 2 hari ini bertujuan untuk menyediakan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dapat digunakan bersama.
 
"Kita berharap kegiatan ini akan menghasilkan metadata kegiatan statistik sektoral yang sesuai dengan prinsip penyelenggaraan Satu Data Indonesia untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan yang terintegrasi dan berkelanjutan."harapnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala BPS Kabupaten Kukar, Nurwahid, menekankan bahwa kegiatan Desk Metadata bagi OPD di Kukar tahun 2023 adalah langkah serius dari semua pihak yang terlibat dalam Program Satu Data Indonesia untuk menghasilkan data berkualitas, akurat, terpadu, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan Daerah Bappeda Kukar, Saiful Bahri, menyoroti pentingnya pemilahan data prioritas yang perlu diutamakan, khususnya data yang berkaitan dengan perencanaan, penganggaran, dan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dalam kegiatan ini, peserta dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok didampingi oleh tim dari BPS dan Bappeda Kukar. Kelompok pertama terdiri dari beberapa OPD, seperti Dinas Kominfo, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Kelompok kedua terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Pariwisata, dan Dinas Perhubungan

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Kukar, Dafip Haryanto, Kepala BPS Kukar, Nurwahid, Kabid Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan Daerah Bappeda Kukar, Saiful Bahri, serta perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pejabat Kominfo Kukar. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama