Komitmen Kemenkop-UKM untuk Pertanian Kukar



KOMITMEN: Bupati Edi Damansyah saat kunjungan kerja Kemenkop-UKM (Foto: Hms).

Kukar, Prediksi.co.id- Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) RI melalui Deputi Bidang UKM Kemenkop-UKM, Hanung Harimba Rachman, menyatakan komitmennya, untuk membantu Kabupaten Kutai Kartanegara, dalam upaya pengembangan dan peningkatan sektor pertanian dan industri terkait.

Hal ini disampaikan Hanung Harimba Rachman, dalam kunjungannya ke Kabupaten Kukar baru-baru ini. Kunjungan Kemenkop-UKM RI ini disambut langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah di Pendopo Odah Etam.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Edi Damansyah memaparkan sejumlah program di Kukar, salah satunya proyek pembangunan pabrik industri rumput laut di Kecamatan Muara Badak. Ada lagi pengembangan pabrik tepung jahe dan minyak atsiri di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kuku.

Proses pengadaan mesin, kata Edi untuk pabrik rumput laut di Muara Badak saat ini berada dalam tahap lelang. Oleh karena itu, dirinya memohon bantuan dan pendampingan dari Kemenkop-UKM.

"Harapannya adalah pembangunan kedua pabrik ini akan memberikan dampak positif secara ekonomi bagi petani lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kalangan masyarakat. Dengan dukungan aktif dari Kemenkop-UKM, diharapkan pengembangan produk pertanian di Kukar dapat dipercepat." Ungkapnya.

Hanung merespons permintaan ini dengan positif, menyatakan kesiapannya untuk membantu dan mendampingi Pemkab Kukar dalam proses pembangunan dan pengembangan kedua pabrik tersebut.

Dukungan ini bertujuan untuk memastikan kelangsungan program Pemkab Kukar yang sejalan dengan visi Kemenkop-UKM, yaitu meningkatkan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah.

"Hal ini selaras dengan visi Kemenkop-UKM yang mendorong hilirisasi guna mendukung pelaku UMKM di daerah. Kemenkop-UKM siap memberikan bantuan sesuai dengan yang diinginkan Pemkab Kukar, dan saya akan mengutus tim untuk memberikan pendampingan," tegas Hanung. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama