Pabrik Rumput Laut di Muara Badak, Masuk Pengadaan Mesin

Foto: Bangunan pabrik yang telah berprogres pembangunannya (Ist).

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Pabrik pengolahan rumput laut di Desa Muara Badak Ulu, Kecamatan Muara Badak merupakan pabrik pertama di Kukar, pembangunan terus  berproses. Dibangun sejak 2021 oleh Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) dalam rangka hilirisasi pertanian, pabrik ini kini mencapai progres 40%.

Sebagai bagian dari program Idaman, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar menargetkan pengadaan mesin pada 2023. Mesin ini akan mengubah rumput laut menjadi powder tepung yang akan dikerjasamakan dengan perusahaan, guna mendukung kesejahteraan petani.

Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma menuturkan pengadaan ini berdasarkan keluhan petani tentang harga yang sangat rendah, ini diharapkan mereka bisa jual langsung ke pabrik dan harganya lebih bagus.

Kecamatan Muara Badak yang berada di dekat pantai memiliki potensi rumput laut yang melimpah. Bahkan sekitar 4 ribu hektare perairan digunakan sebagai tempat budidaya.
Boma menambahkan, progres pembangunan pabrik diperkirakan mencapai 40 persen. Sedangkan bangunan utama pabrik sudah rampung.

Beberapa bangunan penunjang, kata Boma lagi, masih perlu dikerjakan, termasuk pengolahan limbah, pagar, dan gudang.

Ia menjelaskan, salah satu tujuan dari pembangunan pabrik yaitu menampung hasil produksi, dan membantu meningkatkan kesejahteraan para petani rumput laut,  2024 pabrik ini sudah bisa dioperasikan. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama