Peringati Hari Pangan Nasional 2023, Pemkab Kukar Gelar Gerakan Pangan Murah

Foto: Bapokting Lengkap di 44 tenant acara GPM 2023 (Ist)

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Peringatan Hari Pangan Nasional 2023 menjadi momen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), dengan ikut berpartisipasi dan meramaikannya dengan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM). Bertempat di lapangan parkir Kantor Bupati Kukar, pada Senin (16/10/2023). 

Tercatat 44 tenant yang menjual bahan pokok penting (bapokting) bagi masyarakat Tengarong dan sekitarnya selama dua hari dalam acara GPM ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kukar Sutikno menerangkan pelaksanaan GPM untuk menjaga stabilitas pasokan serta harga pangan pokok. Baik di tingkat produsen maupun konsumen.

"GOM kali ini lebih lengkap dan lebih banyak dari sebelumnya. Stok bapokting yang disiapkan untuk masyarakat Tenggarong dan sekitarnya," jelas Sutikno.

Hingga Oktober 2023 ini. Sutikno menjelaskan sebanyak 11 bahan pokon dan bahan penting (bapokting) kebutuhan masyarakat dipastikan cukup. Seperti beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai keriting, cabai rawit, daging sapi, daging ayam, telur, gula pasir dan minyak goreng.

Produk yang dijual pada agenda GPM ini juga disuplai langsung oleh berbagai stakeholder. Diantaranya Badan Urusan Logisitik (Bulog), PT RNI, Kelompok Wanita Tani (KWT), beberapa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pangan hasil dari petani. Kemudian ada juga beberapa toko retail seperti Alfamidi dan Eramart.

Selanjutnya Sutikno menambahkan, barang yang dijual dalam GPM ini yangdiprioritaskan komoditas sembako lokal. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama