Pemkab Kukar Bangun 3 TPI, Permudah Nelayan Menjual Hasil Tangkapan

Foto: Kepala DKP Kukar Muslik

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- 60% suplai ikan di Kaltim, datangnya dari Kabupaten Kutai Kartanegara, untuk itu Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sedang berproses membangun tiga Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Pelelangan ini dibangun oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pembangunannya akan didahulukan di tiga kecamatan. Yakni di Kecamatan Muara Badak, Anggana dan Samboja. Bertujuan untuk membantu pemasaran para nelayan, tiga TPI ini ditargetkan rampung akhir tahun 2023 nanti dengan pagu Rp 22 Miliar.

Diungkapkan Kepala DKP Kukar Muslik. Pembangunan tiga TPI ini dalam tahap pengerjaan. Seperti TPI di Samboja, Muslik menyebut fisiknya telah rampung dengan bangunan dermaga. Hanya perlu finalisasi dan proses lelang. Adapun TPI yang di Anggana, yang saat ini telah memasuki proses lelang dan akan dilakukan pengerukan untuk pembangunan.

“Untuk TPI yang di Kota Bangun lagi perluasan dan jembatan sudah masuk, tinggal finalisasi. Paling tidak pertengahan Desember sudah bisa selesai semua,” ujar Muslik, Senin (30/10/2023).

“Ini komitmen Bupati dan Wakil Bupati dalam mengembangkan pertanian dalam arti luas. Dan ikan termasuk dalam sektor tersebut. Tinggal kita menguatkannya dengan program-program yang mendukung nelayan dan pembudidaya ikan. Seperti BLT hingga subsidi BBM dan pelatihan,” sambungnya. 

Kehadiran TPI ini disebut Muslik sangat penting. Dikarenakan akan mempermudah nelayan dalam memasarkan hasil tangkapan mereka dalam satu tempat. Dengan TPI ini, diharapkan pemasaran lebih terkonsentrasi. Juga data yang didapatkan DKP Kukar lebih akurat. Muslik optimis kehadiran tiga TPI ini akan meningkatkan pemasaran ikan, tinggal bagaimana mensosialisasikannya ke nelayan. (Di/Le/Adv)




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama