Pengurusan Data Kependudukan Kini Sangat Mudah

MUDAH: Kadisdukcapil Kabupaten Kukar, Muhamad Iryanto (Foto/DMG Ozan)

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Kepengurusan data kependudukan kini dipermudah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Disdukcapil Kabupaten Kutai Kartanegara menerapkan sistem online bagi data kependudukan.

Hal ini diberlakukan secara daring (online) pada 5 April 2020 lalu, Disdukcapil Kukar mempermudah masyarakat dan terhindar dari calo.

Hal tersebut diungkapkan Kadisdukcapil Kabupaten Kukar, Muhamad Iryanto dihadapan wartawan, Selasa, 3 Oktober 2023.

"Sejak berlaku sistem online, masyarakat dapat mengurus data kependudukan secara mandiri, tanpa lewat jalur belakang ujarnya.

Pihaknya menyebut jika pemberlakuan sistem online tak semudah yang dibayangkan, personal satu persatu berdatangan. "Dari masyarakat yang kebingungan serta sulitnya mengakses sistem, namun sekarang sudah lancar jaya," dijelaskannya.

"Peralihan dari manual ke online itu peningkatannya bertahap dari 500 dalam sehari hingga saat ini sudah 1000 dokumen perhari,"

Sambung Iryanto, saat ini pihaknya mampu melayani data kependudukan hingga seribu lebih dalam sehari hingga dapat menjangkau ke Desa-desa yang masih kesulitan jaringan internet.

"Jadi di setiap Desa/Kelurahan sudah difasilitasi oleh Pemkab, 1 orang narahubung atau operator yang siap membantu masyarakat dalam pengurusan data kependudukan," tegasnya

Tercatat Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki 199 Desa dan 44 kelurahan yang difasilitasi masing-masing narahubung serta fasilitas kantornya telah memiliki jaringan internet.

"Jadi yang memerlukan dokumen fisik hanya KTP dan KIA," tandasnya. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama