Sutomo Jabir Minta Pemprov Seriusi Pembangunan Daerah 3T

Foto: Sutomo Jabir dihadapan wartawan (tim)

Samarinda, Prediksi.co.id - Pembangunan di kawasan 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) dan daerah perbatasan selalu menjadi perhatian serius di DPRD Kaltim.

Kali ini datang dari Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Ir Sutomo Jabir, dirinya mendorong pemerintah agar dapat melakukan percepatan pembangunan infrastruktur jalan di kawasan 3 T ini.

Pemerintah, Sutomo Jabir menerangkan, tidak boleh hanya berfokus pada daerah perkotaan. Melainkan, harus memperhatikan wilayah perbatasan juga. Pasalnya hingga saat ini, akses jalan masih menjadi persoalan utama. Dan, itu menjadi keluhan masyarakat di Bumi Etam.

"Jangan hanya membangun daerah-daerah yang mudah diakses saja. Saya mau daerah-daerah lain juga dilirik. Meskipun saya tahu biayanya mahal dan sulit ke sana, tapi tetap tidak boleh kita membeda-bedakan," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, Pemerintah Provinsi Kaltim masih akan melanjutkan beberapa pembangunan infrastruktur terutama akses jalan di Kabupaten Kutai Timur, yang masuk sebagai daerah pemilihan (dapil) wilayah VI Ir Sutomo Jabir.

"Di Kutai Timur ini ada juga pembangunan penahan gelombang dibeberapa tempat. Di Kecamatan Sandaran itu ada beberapa titik. Termasuk rumah layak huni yang juga kita dorong terus," tegasnya.

"Saya harap, manfaat daripada pembangunan ini bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Sehingga, saya tetap meminta pemerintah supaya dituntaskan lah daerah yang masih tertinggal itu. Kita ingin adanya pemerataan pembangunan di 10 kabupaten/kota di Bumi Etam," sambungnya.

Dikesempatan lain, Aji Muhammad Fitra Firnanda, Kepala Dinas PUPR Pera Provinsi Kaltim pun akan menampung semua usulan dari DPRD Kaltim mengenai kegiatan-kegiatan bersifat mendesak yang benar-benar diperlukan masyarakat.

"Kita sudah memberikan informasi rencana kerja Dinas PUPR kepada komisi III. Seluruh bidang, seperti Bidang Sumber Daya Air, Bina Marga, Cipta Karya, Perkim, semuanya kita paparkan," terangnya.

Pihaknya juga sudah mendengar masukan dari Komisi III DPRD Kaltim, tentang kegiatan apa saja yang sekiranya mendesak dan diperlukan oleh masyarakat. 

"Untuk itu, kita tampung semua masukkan dari mereka. Seperti, akses jalan yang harus dimaksimalkan, termasuk pembangunan pantai dan terkait jalan lingkungan," pungkasnya. (Di/Le/Adv DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama