Tekan Potensi Kebakaran, Kelurahan Baru Adakan Pelatihan

Foto: Pelatihan dalam memberikan pengetahuan penangan kebakaran oleh narasumber (Ist)

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Potensi kebakaran di musim kemarau seperti saat ini, membuat pemerintah desa, Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), berinisiatif mengadakan pelatihan bagi anggota Barisan Sukarelawan Kebakaran dan Bencana atau balakarcana di Kelurahan Baru.

Ada 20 anggota balakarcana ambil bagian dalam kegiatan tersebut, bertempat di Balai Pertenuan Umum (BPU) Kelurahan Baru dengan menghadirkan narasumber kompeten dari Basarnas Samarinda, serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kutai Kartanegara.

Lurah Kelurahan Baru, Bayu Ramanda, menuturkan kegiatan ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat saat menghadapi kobaran api.

“Setelah pelatihan, Kelurahan Baru akan melanjutkan rekrutmen terkait arahan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar untuk program relawan,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Koordinator Siaga Satu Reserse Basarnas Samarinda, Riqi Efendi, menjelaskan pelatihan ini mencakup ilmu Pertolongan Pertama Medis (Medical First Responder/MFR).

MFR merupakan langkah awal dalam tim penyelamatan yang bertujuan untuk menyelamatkan diri sendiri, lingkungan, tim, dan korban. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama