Bulat! Samsun Nahkodai Pepadi Kaltim

Foto: Usai Musyawarah Daerah Pepadi Kaltim, Muhammad Samsun (mengenakan batik merah).

Samarinda, Prediksi.co.id- Wakil Ketua I DPRD Kaltim Muhammad Samsun didaulat menjadi Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Provinsi Kaltim, hal ini merupakan hasil Musyawarah Daerah Pepadi Kaltim, yang diselenggarakan di Rumah Jabatan Ketua DPRD Kota Samarinda, Jalan Siradj Salman, Samarinda, Jumat (24/11/2023) sore.

"Hari ini kita bersilaturahmi dan bermusyawarah dengan para tokoh dalang, tokoh pagelaran wayang dan perwayangan, se-Kaltim, dihadiri 9 kabupaten/kota," terang Samsun.

Dalam pertemuan ini, Samsun menjelaskan, dirinya dan para tokoh ini bermusyawarah untuk membicarakan cara pengembangan seni budaya wayang ke depan. 

"Itu yang utama, dan tadi sepakat untuk membentuk kepengurusan Pepadi Provinsi Kaltim, dipilihlah ketua, yakni saya sendiri yang nanti dimandatkan untuk membuat kepengurusan Pepadi Kaltim," jelas Bendahara DPD PDI Perjuangan Kaltim ini.

Soal seni budaya wayang ini, Samsun mengungkapkan, bagaimana menumbuhkan kecintaan seni budaya, dengan melakukan promosi dan mengemasnya secara kreatif agar menarik minat generasi muda.

Dalam musyawarah ini, dirinya berfokus kepada bagaimana menghadapi masalah di perwayangan, naik turunnya semangat para pelaku perwayangan.

"Padahal, wayang ini sesuatu yang ekslusif, nilai seninya tinggi sekali, mahal sekali. Berbagai macam elemen ada di dalamnya, seperti seni sastranya, pengelolaan tata panggung, lighting, soundnya. Ini yang membuat wayang spesial," bebernya.

Di kesempatan yang sama, salah satu tokoh Pepadi Kaltim, Slamet Junaidi menuturkan di Kalimantan sendiri memiliki banyak multi etnis, contoh seperti yang ada di Balikpapan, ada 100 paguyuban, dengan segala seni budaya Nusantaranya, harus saling menghormati dan bersatu di Kaltim.

"Ada istilah Jawa yakni nguri-nguri budaya yang artinya melestarikan budaya, salah satunya adalah wayang kulit, yang didalamnya ada istilah tuntutan, tontonan dan tatanan," jelasnya.

Dirinya berharap terhadap kepengurusan baru nanti bisa mengayomi, mengajak dan menyatukan, serta membesarkan, mempertahankan sebu budaya ini, dengan segala tantangan global saat ini. (Di/Le/Adv DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama