Pemkab Kukar Berkomitmen Maksimalkan Dukungan Pendidikan Santri

Foto: Bupati Kukar Edi Damansyah.

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Perayaan Hari Santri Nasional di lapangan upacara Kantor Bupati Kukar,  hari Minggu, 22 Oktober 2023. Berlangsung meriah.

Acara yang dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Bupati Kukar, Edi Damansyah, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para ulama, pengurus pondok pesantren, serta santriwan dan santriwati dari pondok pesantren se-Kabupaten Kutai Kartanegara ini mengusung tema "Jihad Santri Jayakan Negeri."

Dalam sambutannya, Bupati Edi Damansyah menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk mendukung pendidikan santri. 

Salah satu upaya nyata yang diumumkan adalah maksimalisasi anggaran hibah sebesar Rp100 juta per pondok pesantren. Program Beasiswa Kukar Idaman juga akan difokuskan untuk 100 santri yang berencana melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Dengan langkah ini, sebanyak 1000 santri di pondok pesantren diharapkan mendapatkan beasiswa hingga tahun 2024.

"Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara akan terus berupaya untuk memaksimalkan anggaran hibah sebesar Rp100 juta per pondok pesantren. 

Program Beasiswa Kukar Idaman juga akan dialokasikan untuk 100 santri yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, sehingga total 1000 santri akan mendapat beasiswa di pondok pesantren hingga tahun 2024," ungkap Edi Damansyah. 

Sebelum puncak perayaan Hari Santri, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah menggelar berbagai kegiatan perlombaan dan kegiatan sosial seperti gerak jalan, santri betajong (berbusana santri), kemah santri, liga sepak bola mini santri, santri bersholawat, bakti sosial, dan makan bersama (beseprah).

Kabupaten ini saat ini memiliki kebanggaan dengan adanya 55 pondok pesantren yang menjadi tempat belajar bagi 7.785 santri.

Program beasiswa dan pembangunan pondok pesantren adalah bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk terus mendukung pendidikan dan pembinaan santri dalam menjalani pendidikan agama dan umum di pondok pesantren. 

Dengan semangat "Jihad Santri Jayakan Negeri," Kabupaten Kutai Kartanegara menegaskan komitmennya untuk mencetak generasi santri yang berilmu, berakhlak, dan siap berkontribusi untuk kemajuan negeri. (Re/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama