Disdukcapil Kukar Atasi Tantangan di Daerah, Manfaatkan Peran Narahubung Permudah Pelayanan

Foto: Kadisdukcapil Kukar Muhammad Iryanto

Kutai Kartanegara , Prediksi.co.id– Kutai Kartanegara yang begitu luas, memerlukan strategi khusus dalam pelayanan, khususnya meningkatkan dan memeratakan pelayanan ke masyarakat dalam pelayanan kepengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) di 20 kecamatan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kukar terus kuatkan peran petugas narahubung di kelurahan maupun desa. Pelayanan ini bertujuan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengurus adminduk.

Kadisdukcapil Kukar Muhammad Iryanto mengungkapkan peran narahubung dalam membantu pelayanan adminduk di desa kelurahan, telah dilakukan sejak awal 2023. 


Masyarakat sangat terbantu dengan kehadiran narahubung ini, khususnya warga yang tinggal jauh dari ibukota Kukar. Apalagi yang  terhambat jaringan internet maupun akses infrastruktur.

“Narahubung membantu mulai dari perbaikan KK hingga akte kelahiran, Dan mereka sudah resmi ditunjuk oleh Kades maupun Lurah, dengan legimitasi berupa SK pengangkatan sebagai petugas narahubung,” ungkap Iryanto, Jumat (3/11/2023).

Kehadiran petugas narahubung ini, Iryanto menerangkan, untuk memperkuat pelayanan adminduk di Kukar. Meskipun Disdukcapil membuat program kepengurusan adminduk secara online dengan aplikasi. Fakta dilapangan masih didapat blankspot, menghambat aplikasi tersebut. 

Proses pengajuan perbaikan adminduk melalui narahubung pun bisa didapatkan langsung oleh masyarakat melalui dokumen pdf.

“Jadi masyarakat bisa mencetak langsung dan menyimpan dokumen tersebut di dalam handphone.  Tdak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan dokumen termasuk memutakhirkan datanya. Cukup datang ke desa dan kelurahan nanti petugas narahubung disana yang akan membantu menghubungkannya di Disdukcapil Kukar,” ungkapnya. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama