Pengentasan Kemiskinan, Dinsos dan OPD se-Kukar Salurkan Bantuan


Foto: Bupati Kukar Edi Damansyah memberikan bantuan secara simbolis.

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara berkomitmen dalam pengentasan kemiskinan di wilayahnya.  Terbaru, Pemkab Kukar lewat Dinas Sosial  memberikan bantuan kepada seribu keluarga miskin berupa sembilan bahan pokok (sembako).

Tujuan program ini untuk mencapai target bebas atau nol persen kemiskinan ekstrem pada 2024. Selain Dinsos Kukar, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya juga turut andil dalam memberikan bantuan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Kepala Dinsos Kukar, Hamly mengatakan pihaknya menyalurkan bantuan kepada kurang dari 1.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), selebihnya OPD lain secara mandiri melakukan hal yang sama. 

"Anggaran yang dialokasikan sekitar Rp 3 miliar,” ungkap Hamly, Kamis (2/11/2023).

Bantuan tersebut, kata Kadinsos, disalurkan untuk mengintensifkan program penanganan kemiskinan ekstrem di Kukar. Adapun langkah yang diambil adalah melaksanakan verifikasi dan validasi terhadap 6 ribu KPM.

Ini sesuai dengan amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4/2022, yang mewajibkan setiap daerah untuk menganggarkan dana yang menyasar ribuan penerima bantuan.

"Penanganan kemiskinan ekstrem bukan hanya tanggung jawab Dinsos Kukar semata, Hamly menjelaskan bahwa semua OPD memiliki tugas serupa."jelasnya.

Di sektor OPD lainnya, seperti di bidang perikanan, bantuan berupa subsidi diberikan kepada nelayan dan pembudidaya ikan. Di sektor pertanian, bantuan berupa pupuk dan sebagainya disediakan sesuai dengan program masing-masing OPD.

Program pengentasan kemiskinan ekstrem ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Kukar. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama