Petani Kreatif Kelurahan Maluhu, Lurah Apresiasi Manfaatkan Teknologi



Foto: Lurah Maluhu Kukar, Tri Joko Kuncoro.

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id– Stereotip lama pertanian yang lusuh, hanya orang tua, dan tidak modern tampaknya tak berlaku di daerah ini, anak mudanya dengan kemajuan teknologi pertanian banyak yang memanfaatkan lahan sempit, namun dengan kreatifitas hasilnya maksimal.

Inilah anak muda di Kelurahan Maluhu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang antusias terjun ke pertanian modern dengan berbagai inovasi.

Lurah Maluhu Tri Joko Kuncoro atau akrab disapa Koko ini menyebutkan saat ini banyak pemuda Maluhu yang tertarik menekuni bidang pertanian. Profesi ini menjanjikan dan tidak lagi dianggap kotor serta ketinggalan zaman.

"Beberapa di antara petani muda di Kelurahan Maluhu ini pernah belajar pertanian di luar negeri." Ungkapnya.

Menurut Koko, banyak petani milenial di sini yang memiliki semangat kreativitas tinggi.

Dirinya berharap agar anak muda Maluhu tak lagi beranggapan petani identik dengan kotor atau pekerjaan orang tua. Kemajuan teknologi telah membuat pertanian menjadi pekerjaan menarik yang bisa dijalani siapa saja. Seperti produki semangka dengan bentuk dan model baru.

Meski rasanya sama, bentuk unik semangka hasil inovasi pemuda Maluhu itu dinilai mampu menarik minat konsumen. Inovasi pertanian ini tentu positif untuk meningkatkan pendapatan petani.

“Harus bisa mencontohi mereka yang belajar ke Jepang dan Thailand. Hasil belajarnya mereka membuat tanaman semangka dengan bentuk boneka maupun kotak,” imbuhnya.

Dirinya bangga anak muda mampu berinovasi, sehingga pertanian jadi menarik dan menguntungkan, antusiasme pemuda Maluhu dalam menekuni pertanian modern diharapkan memotivasi pemuda desa lainnya untuk turut andil dalam pembangunan pertanian di Kukar.

Dengan dukungan pemangku kepentingan, Tri berharap Desa Maluhu dapat menjadi percontohan desa pertanian modern. Hasil panen berlimpah dengan inovasi unggulan siap memasok kebutuhan pangan masyarakat luas. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama