Persiapan Musim Hujan, Warga Dihimbau Gotong Royong Bersihkan Saluran Air yang Berpotensi Banjir

Foto: Lurah Melayu Aditiya Rahkman

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Kutai Kartanegara mulai memasuki musim hujan, hal ini perlu diantisipasi, untuk itu Pemerintah Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong melakukan upaya penanganan banjir dini dengan membersihkan drainase dan parit di kawasan permukiman masyarakat. 

Lurah Melayu, Aditiya Rahkman mengiyakan, ada beberapa titik rawan banjir di wilayahnya, apalagi Melayu menjadi kawasan yang cukup padat penduduk. Upaya pembersihan drainase dilakukan pihaknya bersama Dinas Perkim Kukar melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). 

“Perbaikan dan pembersihan drainase juga melibatkan masyarakat sekitar,” kata Aditiya. 

Adapun, titik-titik banjir yang sering terjadi di Kalurahan Melayu berada di kawasan Gang Wakaf dan Danau Lipan. Kendati bukan banjir yang menetap, hanya satu dia hari saja, tetapi hal tersebut dirasa cukup mengganggi aktivitas warga.

Terlebih kondisi cuaca yang kadang tidak menentu dan sulit diprediksi, sehingga antisipasi dan pencegahan penting untuk dilakukan sedini mungkin.

“Jadi untuk perbaikan drainase dan parit ada di RT 34 dan RT 35, sudah diupayakan sehingga bisa meminimalisir banjir,” ujarnya. 

Camat Tenggarong, Sukono mengatakan, pihaknya pun memiliki sejumlah langkah antisipasi mendekati musim hujan. Dirinya juga mengimbau masyarakat Tenggarong untuk turut mengantisipasi terjadinya banjir dadakan. 

"Masyarakat  diminta bergotongroyong untuk memperbaiki parit-parit yang sudah tidak mengalir di masing-masing RT," ungkapnya. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama