Pertanian di Desa Tani Bakti, Potensi Besar Bisa Dimaksimalkan, Sinergi Pemerintah dan Swasta Diperlukan

Foto: Kantor Desa Tani Bakti Kukar

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Sektor Pertanian memang ditangani serius oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, berbagai bantuan pun sudah terlihat di kepemimpinan Edi-Rendi, rupanya sektor pertanian juga menjadi unggulan di Desa Tani Bakti Kukar.

Kepala Desa Tani Bhakti Muhammad Amin mengungkapkan desanya memiliki unggulan di sektor pertanian. Desa Tani Bhakti, yang terletak di Kecamatan Loa Janan, ternyata memiliki lahan yang masih dapat dioptimalkan dengan berbagai jenis tanaman multikultural.

Wilayah ini kata Amin, ditanami berbagai jenis tanaman multikultural, seperti cabai, tomat, sawi, dan kangkung. Yang menarik, kelompok tani di desa ini telah mengambil inisiatif kreatif dengan menjadikan pertanian sebagai tempat wisata edukasi yang menarik.

“Unggulannya ada beberapa jenis tanaman multikultural dengan waktu panen yang tidak terlalu lama seperti cabai, tomat, sawi, dan kangkung,” ujar Amin, beberapa waktu lalu.

Potensi pertanian ini dapat sukses, bergantung pada dukungan pemerintah yang tepat.

“Kita lihat selama ini masih banyak makanan yang disuplai dari luar daerah, Kalau dikelola dengan baik, pasti petani kita bisa sejahtera” tambahnya.

"Kami berharap agar pemerintah dan sektor swasta, termasuk perusahaan Buma, dapat berperan aktif dalam mengembangkan pertanian di wilayah ini."sambungnya.

Melalui pembiayaan Bumdes, pihaknya memikirkan sektor-sektor usaha apa saja yang bisa kita kembangkan di desa, salah satunya adalah agrowisata.

Kendala terkait kurangnya alat pertanian modern yang mendukung petani juga sudah disuarakan oleh Amin kepada dinas terkait, dan dia berharap langkah konkret akan segera diambil.

“Kalau kendala di lapangan, dari petani perlu dimotivasi saja untuk memproduktifkan lahannya karena masih banyak yang beranggapan petani cenderung lebih dekat dengan kemiskinan,” pungkasnya.(Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama