Potensi Wisata di Bukit Biru, Dampak Positif Ekonomi Untuk Masyarakat

Foto: Kepala Desa Sumber Sari, Sutarno 

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Satu lagi pariwisata yang menarik perhatian di Kabupaten Kutai Kartanegara, yakni di daerah di Bukit Biru, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, tepatnya di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu. 

Bukit Biru menawarkan keindahan Kukar dari ketinggian dan posisinya juga berdekatan dengan air terjun yang tak kalah memesona, Puncak Bukit Biru bisa dikunjungi ratusan orang dalam sehari. Selain menawarkan pemandangan Kukar dari ketinggian, di lokasi yang berdekatan juga terdapat air terjun yang tak kalah eksotis.

Kepala Desa Sumber Sari, Sutarno, mengatakan bahwa pengembangan wisata ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi desa dan menarik wisatawan. Ia berharap ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kami sedang fokus pada dua tempat wisata, yaitu Wisata Puncak Bukit Biru yang terpadu dengan agrowisata di RT 9 Dusun Taman Arum, dan embung wisata di RT 8. Kedua tempat ini akan kami jual tahun depan,” ujar Sutarno, Rabu (31/10/2023).

Wisata Puncak Bukit Biru sudah memberikan kontribusi ekonomi, meski hanya dari penitipan motor. Tahun ini, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara akan membantu pembangunan gazebo di sana. Pemerintah Desa Sumber Sari juga sudah membuat tempat kemping dan tangga ke puncak.

Untuk embung wisata, saat ini sudah ada jalan semenisasi dan gazebo. Tahun ini juga akan ada penambahan sanitasi dan toilet. Embung wisata akan menawarkan konsep wisata alam dan agrowisata, karena banyak petani yang menanam sayur di sana. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama