Soal Pemerataan Sapras Pendidikan, Veridiana Minta Pemprov Kaltim Evaluasi

Foto: Verdiana Huraq Huang sesaat usai Rapat Paripurna.

Samarinda, Prediksi .co.id- Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)
Veridiana Huraq Wang, meminta pada Penjabat (Pj) Gubernur Akmal Malik untuk melakukan evaluasi mendalam terhadap program kerja pendidikan di Kaltim.

Veridiana menyoroti urgensi pemerataan sarana dan prasarana (sapras) pendidikan secara proporsional di wilayah perkotaan, pinggiran, dan pedalaman. Teekhusus, yang ada di daerah pemilihannya, Kutai Barat dan Mahakam Ulu.

Dirinya prihatinan terhadap kondisi sarana dan prasarana SMA maupun SMK di wilayah tersebut yang masih minim. 

"Agar Pak Pj Gubernur bisa mengevaluasi program kerja pendidikan di daerah ini (Kutai Barat dan Mahakam Ulu," ujarnya.

Meskipun anggaran wajib pendidikan sekitar 20 persen sudah dialokasikan. Akan tetapi, kenyataannya, sejumlah sekolah di daerah pedalaman masih menghadapi keterbatasan fasilitas maupun pembangunan saprasnya.

"Dari APBD Kaltim sebesar Rp25,32 triliun, anggaran wajib pendidikan itu sebesar 20 persen, kira-kira ada sekitar kurang lebih Rp5 triliun hanya untuk Pendidikan. Realitasnya pembangunan disana masih sangat minim," jelasnya.

"Mohon dievaluasi kembali terkait sekolah yang masih belum memiliki pagar dan fasilitas lainnya, khususnya di daerah pedalaman. Pemerataan pembangunan sarana pendidikan harus terjadi secara proporsional," pungkasnya.

Veridiana juga menyoroti paradoks antara keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kaltim dengan kondisi sumber daya manusia (SDM). 

"Harapannya dengan ini dapat membuka ruang diskusi lebih lanjut untuk memastikan bahwa dana pendidikan benar-benar memberikan dampak positif secara merata di seluruh Kaltim."tutupnya. (Di/Yo/Adv DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama