Pematangan Anggaran, Perlu Kerjasa sama Yang Baik Antara Legislatif dan Eksekutif

Foto:  DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Bagus Susetyo.

Samarinda, Prediksi.co.id- Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Bagus Susetyo menilai soal perencanaan anggaran mutal harus dimatangkan, mengingat APBD Kaltim yang meningkat dan harus terserap maksimal.

Dirinya menekankan, DPRD dan eksekutif harus menjadi mitra kerja yang baik. Pihaknya berkomitmen untuk membuat satu kesepakatan yang baik.

Menurutnya, semua aspek terkait kegiatan dan program-program pembangunan harus melalui proses Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), yang biasanya berlangsung dari Januari hingga Juni.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa perlu adanya pemahaman mendalam dari pihak DPRD terkait prosedur-prosedur yang terlibat di dalam Musrenbang. Tujuannya, tidak lain untuk memastikan kelancaran dan efektivitasnya.

Meskipun yang memiliki domain kegiatan lebih memahami, yakni dari pihak eksekutif. Dia menekankan bahwa DPRD dan eksekutif harus menjadi mitra kerja yang baik dalam menyelaraskan perencanaan program kegiatan.

"Kita ingin semua usulan, termasuk dari reses dan sosialisasi, bisa diakomodasi dalam anggaran pembangunan dan belanja daerah," ucapnya, beberapa waktu lalu, usai mengikuti Rapat Pimpinan bersama TAPD Provinsi Kaltim.

"Dengan adanya kerja sama yang efektif antara legislatif dan eksekutif, semua program kegiatan dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat."lanjutnya.

Menyoroti tanggung jawab DPRD terhadap konstituen atau masyarakat, dia menjelaskan bahwa usulan dari reses dan sosialisasi harus ditampung dengan baik agar dapat diakomodasi dalam proses anggaran. (Yo/Le/Adv DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama