Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kaltim, DPRD Kaltim Minta BKT Diperluas dan Tepat Sasaran

Foto: Anggota DPRD Provinsi Kaltim Sutomo Jabir.

Samarinda, Prediksi.co.id- Persoalan pendidikan di Kaltim, perlu peningkatan kualitas salah satunya dengan adanya Beasiswa Kalimantan Timur (BKT). Untuk itu Anggota DPRD Kaltim dari Fraksi Partai Demokrat, Sutomo Jabir, mengusulkan agar program ini bisa menjangkau lebih banyak pelajar dan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang dan tidak mampu. 

"Program tersebut masih belum optimal dalam memberikan kesempatan yang sama bagi semua lapisan masyarakat." Ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, program BKT sangat bermanfaat bagi putra-putri Kaltim yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, ia melihat bahwa program tersebut masih terbatas untuk mahasiswa yang sudah kuliah, sedangkan lulusan SMA yang ingin kuliah masih kesulitan mendapatkan beasiswa.

"Beasiswa kami minta ybisa diperluas, tidak hanya untuk mahasiswa yang sudah kuliah, tapi juga untuk lulusan SMA yang ingin kuliah. Karena banyak warga yang tidak mampu membiayai anak mereka ke perguruan tinggi," ujar.

Selain itu, Sutomo juga meminta agar alokasi anggaran untuk program BKT bisa ditingkatkan, sehingga kuota penerima beasiswa juga bisa bertambah. Ia berharap, dengan demikian, program BKT bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kesenjangan pendidikan di Kaltim.

"Kami harap Pemprov Kaltim bisa mengalokasikan anggaran lebih besar untuk program beasiswa ini, karena ini adalah investasi untuk masa depan Kaltim. Dengan beasiswa ini, kami berharap bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kaltim, khususnya yang berasal dari keluarga kurang dan tidak mampu," tutur Sutomo.

Program BKT merupakan program unggulan Pemprov Kaltim yang sudah berjalan sejak era kepemimpinan Gubernur Kaltim dua periode, Awang Faroek Ishak hingga Gubernur Kaltim periode 2018-2023, Isran Noor. Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan biaya pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa Kaltim yang berprestasi. (Wo/Le/Adv DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama