Muhammad Samsun Adakan Sosialisasi Kebangsaan di Jonggon, Jelaskan Prinsip Hidup Berbangsa, Kuatkan Persatuan dan Kesatuan.

 


Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Wakil Ketua I DPRD Kaltim Muhammad Samsun, kembali mengadakan Sosialisasi Kebangsaan (Sosbang), kali ini dilaksanakan di RT 12 Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Sabtu (11/11/2023).

Kegiatan ini merupakan agenda kedewanan yang rutin dilaksanakan, tujuannya untuk memperkuat 4 pilar kebangsaan, yakni prinsip hidup bernegara yang harus dimiliki setiap warga bangsa Indonesia.

“Indonesia memiiki keberagaman, perbedaan suku bangsa, bahasa, ras, dan agama, namun ini semua bisa bersatu, 4 pilar atau 4 konsensus inilah yang menyatukan kita semua, menjadi pemersatu,” ungkap Bendahara DPD PDI Perjuangan ini.

4 pilar tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

4 Pilar atau 4 konsensus wawasan kebangsaan ini, kata Samsun telah final, dari banyaknya suku bangsa, Indonesia masih tetap aman, tenteram dan damai. Berbeda dengan di luar negeri, seperti di wilayah Timur Tengah, suku bangsanya cuma satu, namun tak bisa bersatu, selalu perang.

Kukar dengan besarnya wilayah, juga rentan disusupi paham radikal, untuk itu, perlu penguatan dan pemahaman tentang Pilar Kebangsaan ini, sehingga 4 konsensus ini bisa diaplikasikan di keseharian Masyarakat.

Untuk itu, dalam Sosbang kali ini, hadir juga Kepala Badan Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti sebagai anarasumber yang membahas detail kondisi kemajemukan yang ada di Kukar, bagaimana toleransi dan semangat gotong royong yang lahir dari 4 pilar kebangsaan  bisa menangkal paham radikal, sehingga tidak bisa masuk ke dalam Masyarakat di Kukar.

“Ketika 4 pilar ini menjadi prinsip di kehidupan sehari-hari, paham radikal tidak akan bisa mempengaruhi, sehingga kesatuan dan persatuan kita akan menjadi semakin kuat,”pungkasnya. (Di/Le/Adv DPRD Kaltim)
 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama