Wisata Kaltim Perlu Dukungan Infrastruktur Memadai, DPRD Kaltim Minta Pemprov Beri Perhatian Serius

Samarinda, Prediksi .co.id- Sektor wisata yang ada di Kaltim memiliki potensi besar, namun memiliki tantangan besar, yakni di faktor pendukung seperti infrastruktur. Karena jika faktor pendukung ini bisa dibangun, maka dipastikan mampu menaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar objek wisata tersebut.

Untuk itu, Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Sapto Setyo Pramono mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk meningkatkan sektor wisata sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) yang ada. 

"Di 10 kabupaten/kota di Kaltim, pemprov harus bisa meningkatkan sektor tersebut. Potensi yang bisa dikembangkan, segera eksekusi," ungkapnya.

Apalagi, ia menilai jika sektor pariwisata terhambat karena insfrastruktur yang kurang terfasilitasi, Pemprov harus berkoordinasi dengan pusat.

"Dalam pengamatan saya, mereka tidak memikirkan hal ini (infrastruktur). Padahal, sektor pariwisata salah satu penyumbang PAD terbesar," kata Sapto.

Dirinya mencontohkan seperti yang ada di Kota Semarang, mengubah sawah menjadi taman wisata sehingga para UMKM dapat terbantu dengan hadirnya taman tersebut.

"Kalau pemprov kekurangan anggaran, mungkin bisa mengandalkan dana Corporate Social Responsibility (CSR). Sebab banyak yang mengambil Sumber Daya Alam (SDA) Kaltim, tetapi sumbangsih ke daerah tidak terlihat," tuturnya.

"Saya berharap adanya perubahan yang paten dan berkesinambungan terhadap masyarakat Kaltim, agar berefek positif bagi ekonomi masyarakat."pungkasnya. (Di/Le/Adv DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama