BUMDes Batuah Prima Mandiri Berhasil Sumbang PADes Rp 25 Juta di Tahun 2023

Foto: Kepala desa Batuah Abdul Rasyid.

Tenggarong, Prediksi.co.id- Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah menyambut baik kontribusi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Batuah Prima Mandiri (BPM) yang berhasil mengumpulkan Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar lebih dari Rp 25 juta pada tahun 2023, yang diserahkan pada tahun 2024.

Kepala Desa Batuah, Abdul Rasyid, mengapresiasi kinerja pengurus BUMDes BPM yang telah bekerja maksimal dalam meningkatkan pendapatan desa. "Strategi yang diterapkan oleh BUMDes sangat efektif, sehingga berhasil meningkatkan pendapatan desa," ujar Abdul Rasyid.

Selain itu, Abdul Rasyid, yang juga menjabat sebagai Komisaris BUMDes BPM, menekankan bahwa tujuan BUMDes tidak hanya terfokus pada generasi PADes, tetapi juga pada penciptaan peluang usaha yang dapat memajukan ekonomi masyarakat Desa Batuah.

Rasyid berharap BUMDes akan mengembangkan sektor keuangan, termasuk kerja sama dengan lembaga perbankan seperti BRIlink, untuk meningkatkan potensi pendapatan desa. "Kami telah bertemu dengan BRI dan berharap kerja sama ini dapat dijalankan dengan baik oleh pengurus BUMDes BPM," tambahnya.

Direktur BUMDes BPM, Ardiansyah, diwakili oleh Hendro Gunawan, menyatakan bahwa pada tahun 2023, BUMDes berhasil memberikan kontribusi sebesar Rp 25.814.000 untuk PADes dari total pendapatan lebih dari Rp 100 juta, setelah dikurangi biaya operasional dan tambahan modal awal sebesar 15 persen.

"Kami menghadapi beberapa tantangan, termasuk berakhirnya kerja sama dengan beberapa perusahaan. Namun, kami sedang menjajaki peluang kerja sama baru yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli desa," pungkasnya. (Adv Diskominfo Kukar/Ki/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama