Dispar Kukar Siap Bekali Peningkatan SDM untuk Pelaku Ekraf

Foto : Seni pertunjukan yang menjadi salah satu sub sektor Ekraf. (Istimewa)

Tenggarong, Prediksi.co.id- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) terus berkomitmen untuk mengembangkan sektor pariwisata melalui Ekonomi Kreatif (Ekraf). Dengan predikat sebagai kabupaten dan kota kreatif, terutama dalam subsektor unggulan seni pertunjukan, Kukar tengah giat meningkatkan Ekraf.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pelaku Ekraf. Bahkan, peningkatan SDM Ekonomi Kreatif telah diintegrasikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma, menjelaskan bahwa Dispar Kukar telah melakukan penyerapan aspirasi melalui musrenbang di tingkat kecamatan. Program-program peningkatan SDM seperti sertifikasi pemandu wisata, penjamak makanan, dan fotografi ditawarkan kepada masyarakat, dan tanggapannya positif.

"Program ini diselenggarakan karena adanya pelaku industri pariwisata dan ekraf, yang mempengaruhi pengembangan pariwisata. Oleh karena itu, hal ini perlu diperhatikan," ungkap Triyatma.

Mekanisme sertifikasi akan melibatkan pihak kecamatan, yang akan mengirimkan perwakilan untuk mengikuti pelatihan peningkatan SDM tersebut. Dispar Kukar akan mengirimkan surat resmi ke kecamatan terkait hal ini.

"Dengan memperhatikan asal orangnya dari kecamatan, kita akan meminta orang atau peserta untuk mengikuti pelatihan," tambahnya. (Adv/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama