Ketua RT Usulkan Peningkatan Anggaran Menjadi Rp 100 Juta Per RT, DPMD Kukar Sebut Butuh Kajian Mendalam


Foto: Kepala DPMD Kukar, Arianto. (Istimewa)

Tenggarong, Prediksi.co.id- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus memantau dan mengevaluasi program bantuan sebesar Rp 50 juta per RT untuk memastikan implementasinya oleh ketua RT.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto, menyebut bahwa para ketua RT telah melaksanakan program tersebut sesuai dengan laporan yang disampaikan, baik melalui desa maupun pendamping desa.

"Akan tetapi, beberapa ketua RT mengusulkan peningkatan anggaran menjadi Rp 100 juta per RT," kata Arianto.

Usulan tersebut muncul karena para ketua RT merasa bahwa program bantuan Rp 50 juta per RT telah sangat membantu mereka, dan dengan peningkatan anggaran, diharapkan manfaatnya bagi masyarakat juga akan bertambah.

Namun, Arianto menegaskan perlunya kajian menyeluruh terkait kenaikan anggaran tersebut, termasuk dalam hal kemampuan keuangan daerah dan dampaknya terhadap pelayanan kepada masyarakat.

"Jika manfaatnya signifikan, mengapa tidak? Karena yang terpenting adalah kepentingan masyarakat," tambahnya.

Arianto menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan masyarakat di tingkat RT serta memupuk semangat gotong-royong guna mendapatkan solusi yang lebih cepat terhadap masalah yang dihadapi.

Contohnya, perbaikan infrastruktur skala kecil seperti jalan berlubang, jembatan rusak, atau drainase yang dikerjakan melalui partisipasi masyarakat. "Oleh karena itu, bantuan yang diberikan ini bersifat mendesak dan berorientasi pada kepentingan lokal," tutupnya. (Adv Diskominfo Kukar/Ki/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama