Muara Muntai Dapat Kucuran Dana Rp 49 Miliar Untuk Pengembangan Infrastruktur



Foto: Mesjid di Kecamatan Muara Muntai (Ist)

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di Kalimantan Timur telah mengalokasikan dana sebesar Rp49 miliar untuk pengembangan infrastruktur di kawasan pedalaman Muara Muntai. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun dan meningkatkan jalan serta jembatan, sebagai bagian dari Program Kukar Idaman yang bertujuan untuk menciptakan wilayah yang inovatif, berdaya saing, dan mandiri.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, menyampaikan harapannya bahwa program yang menargetkan 20 kecamatan, termasuk Muara Muntai, akan selesai pada tahun ini. "Insya Allah, dengan pembangunan infrastruktur ini, kita dapat meningkatkan konektivitas antarwilayah, dari kecamatan hingga desa dan kelurahan," ujar Solihin selama Safari Ramadhan di Kecamatan Muara Muntai.

Anggaran tersebut akan dialokasikan untuk berbagai proyek, termasuk peningkatan Jalan Oloy menuju Muara Muntai dengan anggaran Rp14 miliar, pembangunan empat jembatan dengan anggaran Rp7 miliar, serta penataan jalan lainnya dengan anggaran sekitar Rp5 miliar. Selain itu, akan ada semenisasi di Jalan Ulin untuk menghubungkan antarkampung, termasuk akses penghubung infrastruktur Muara Leka dan Aloh dengan anggaran Rp7 miliar.

Solihin juga menekankan pentingnya penyerapan anggaran yang efektif untuk memastikan manfaat pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat. "Kami berharap pembangunan infrastruktur dan konektivitas antarwilayah di Muara Muntai pada tahun 2024 dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat," tambahnya.

Pemerintah Kukar juga berkomitmen untuk memajukan sektor pertanian, dengan tujuan menjadikan wilayah tersebut sebagai lumbung pangan bagi Ibu Kota Nusantara (IKN). Program ini diharapkan dapat mendukung visi Kukar sebagai daerah yang mandiri dan berkelanjutan.(Adv Diskominfo Kukar/Ki/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama