Pembangunan Jembatan Sebulu, Harapan Lama Masyarakat akan Segera Terwujud

Foto: Camat Sebulu, Eddy Fachrudin. (Istimewa)

Tenggarong, Prediksi.co.id- Setelah sekian lama menjadi wacana, pembangunan Jembatan Sebulu akhirnya dijadwalkan untuk direalisasikan pada tahun 2024 ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 203 miliar untuk tahap awal, yang mencakup perencanaan struktur jembatan, pembebasan lahan, dan pembangunan jalan pendekatnya.

Camat Sebulu, Eddy Fachrudin, menyambut baik kehadiran jembatan ini, menyatakan bahwa hal tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi di sejumlah kecamatan di Kukar dengan meningkatkan aksesibilitas warga.

"Kehadiran jembatan ini akan membuka aksesibilitas yang lebih lancar bagi warga, dan secara tidak langsung akan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut," ujar Eddy Fachrudin.

Pembebasan lahan di Desa Sebulu Modern sebagai lokasi pembangunan jembatan telah dilakukan, dan dukungan dari masyarakat setempat telah diperoleh oleh pemerintah.

"Dalam waktu dekat, pembangunan akan dimulai setelah proses lelang dan pengklarifikasian lokasi pembangunan selesai," tambahnya.

Eddy juga menyoroti dampak sosial ekonomi yang signifikan dari pembangunan jembatan ini. Sebelumnya, masyarakat bergantung pada feri untuk menyeberangi sungai, yang tarifnya dinilai membebani. Kehadiran jembatan diharapkan akan mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sebulu karena memperlancar aktivitas ekonomi.

Selain manfaat lokal, Pemkab Kukar juga mengidentifikasi manfaat lintas kabupaten dari pembangunan jembatan ini, memfasilitasi mobilitas antar wilayah seperti Kukar, Kutai Timur, dan Kutai Barat.

"Dengan lokasi strategisnya di Desa Sebulu Modern yang berada di tengah-tengah tiga kabupaten tersebut, kami yakin bahwa pembangunan jembatan ini akan memberikan dampak yang signifikan dalam memperlancar mobilitas masyarakat dan meningkatkan ekonomi daerah," tandasnya. Adv Diskominfo Kukar/Ki/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama