Prioritas Pemerintah Kukar: Tingkatkan Layanan Dasar dan SDM

Foto: Bupati Kukar, Edi Damansyah. (Istimewa)

Tenggarong, Prediksi.co.id- Untuk meningkatkan pembangunan holistik di Kutai Kartanegara (Kukar), pemerintah kabupaten (pemkab) telah menetapkan sejumlah prioritas kerja daerah pada tahun 2024. Fokusnya adalah memastikan optimalisasi penyerapan anggaran dan progres pembangunan yang terukur.

Ada 10 prioritas kerja yang telah ditetapkan, meliputi pembangunan infrastruktur pendidikan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui beasiswa, infrastruktur kesehatan, infrastruktur jalan dan jembatan, sektor perumahan dan permukiman, serta pusat perdagangan. Demi sektor pertanian, fokusnya adalah pada perikanan, perkebunan, dan pertanian.

Infrastruktur pendidikan akan membangun sekolah SMP baru di 4 lokasi, menyediakan 3.318 paket mebeler, serta membangun 157 ruang kelas baru untuk SD dan SMP. Sedangkan untuk beasiswa, program Beasiswa Kukar Idaman akan menyiapkan 4.520 paket, mencakup berbagai tingkat pendidikan dan tematik.

Dalam bidang kesehatan, pembangunan fasilitas kesehatan (faskes) akan difokuskan pada 2 unit puskesmas, 32 unit infrastruktur Posyandu, dan 14 unit Puskesmas Pembantu (Pusban). Sementara itu, pembangunan rumah sakit di Kecamatan Muara Badak akan dilanjutkan.

Untuk sektor perumahan dan permukiman, rencananya termasuk pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), serta sistem penyediaan air minum dan infrastruktur sanitasi.

"Ini dilakukan untuk meningkatkan layanan dasar kepada masyarakat," kata Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Pembangunan infrastruktur jalan akan mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 394,29 km, serta memperbaiki dan membangun beberapa unit jembatan.

Untuk sektor pertanian, rencananya termasuk pembangunan embung, jalan produksi, dan normalisasi irigasi.

Dalam mendukung ekonomi masyarakat, akan dilakukan pembangunan dan revitalisasi pasar di beberapa kecamatan.

"Rencana kerja prioritas daerah 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat," tutup Edi. (Adv Diskominfo Kukar/Ki/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama