Pemkab Kukar Membangun Puluhan Kios di Sekitar Masjid Agung Tenggarong

Foto ; Sejumlah kios yang masih dalam tahap pembangunan. (Istimewa)

Tenggarong, Prediksi.co.id- Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, mengusulkan transformasi masjid menjadi pusat pemberdayaan masyarakat, bukan hanya tempat ibadah semata. Hal ini dilakukan di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, tepatnya di Jalan Monumen Barat, Kelurahan Panji, Kukar.

Dimana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar telah membangun puluhan kios di sekitar masjid. Langkah ini bertujuan agar fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh jemaah, remaja masjid, dan pengurus Takmir Masjid.

"Kawasan masjid ini kita kelola sebagai kawasan produktif, sehingga aktivitas ekonomi khususnya mikro dapat terfasilitasi di masjid ini," ujar Edi Damansyah.

Kios-kios yang sedang dalam tahap pembangunan akan dikelola oleh Badan Pelaksana Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi umat di sekitar masjid.

"Ini sudah dilaksanakan dengan baik oleh Badan Pelaksana Masjid," tambah Edi.

Langkah ini diharapkan dapat menghidupkan ekonomi umat tidak hanya selama bulan Ramadan, melainkan juga sepanjang tahun.

"Ini juga merupakan upaya agar kawasan masjid tidak hanya menjadi fokus pada Lorong Pasar Ramadan, tetapi kita harapkan ada aktivitas semacam ini bahkan setiap hari," pungkas Edi.

Pemkab Kukar memang tengah fokus pada pembangunan sektor ekonomi mikro di wilayah tersebut. Sebagai contoh, pada bulan Ramadan, mereka menggabungkan tiga lokasi Pasar Ramadan di beberapa titik, yang berpusat di Lorong Pasar Ramadan Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong. (Adv Diskominfo Kukar/Ki/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama