Siaga 24 Jam, BPBD Kukar Bersiap Hadapi Potensi Karhutla

Foto : Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kukar, Abdal. (Istimewa)

Tenggarong, Prediksi.co.id- Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara (Kukar) mengintensifkan kesiagaan, dalam menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dipicu oleh kondisi cuaca ekstrem di wilayah ini. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kukar, Abdal, menyatakan bahwa sebanyak 33 personel siap siaga selama 24 jam guna memastikan penanganan karhutla berjalan lancar. Personel tersebut dibagi menjadi 3 tim, masing-masing tim terdiri dari 11 orang, dengan tambahan 2 koordinator lapangan.

"Karhutla itu harus kami antisipasi, kami sendiri ada personil yang siap siaga 24 jam," tegas Abdal.

Tak hanya mengandalkan kekuatan internal, BPBD Kukar juga berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Masyarakat Peduli Api (MPA), Manggala Agni, Dinas Kehutanan Provinsi, serta unsur TNI dan Polri. Kolaborasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan koordinasi dan memperkuat penanganan karhutla.

Dalam hal perlengkapan, BPBD Kukar telah menyiapkan 2 unit kendaraan damkar, 4 unit pompa portabel, dan 20 unit peralatan lainnya. Selain itu, bantuan dari para relawan yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Api dan Balakarcana di masing-masing kecamatan juga turut mendukung upaya penanggulangan karhutla.

"Saat ini (karhutla) belum besar skalanya, tidak sampai satu ha," tutup Abdal.

Dengan kesiagaan dan kerjasama lintas sektor yang kuat, diharapkan potensi karhutla di Kukar dapat diatasi secara efektif dan tidak meluas. (Adv/Ki/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama