Pemkab Kukar Manfaatkan Drone untuk Patroli, Disdamkar Kukar Punya Dua Unit

Foto: ilustrasi titik api seperti ini yang bisa dilihat dari drone (ist)

Tenggarong, Prediksi.co.id- 
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memanfaatkan teknologi dalam kegiatan patrolinya. Salah satunya dengan menggunakan kendaraan udara tak berawak atau yang dikenal dengan sebutan drone,  dimanfaatkan untuk keperluan patroli pengawasan kebakaran di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kepala Dinas Damkarmatan Kukar, Fida Hurasani, menjelaskan hal tersebut untuk mempermudah tugas Disdamkarmatan Kukar. Apalagi, jangkauan visualnya sangat luas dan dapat memberikan respon cepat terhadap kebakaran dan kejadian darurat lainnya.

"Kami menggunakannya untuk memantau titik api dan bencana di Kukar.
Disdamkarmatan telah memiliki dua unit drone dengan luas jangkauan maksimum mencapai 25 kilometer dan durasi penggunaan hingga dua jam,” terangnya.

Bukannya tanpa tantangan, pengoperasian drone ternyata belum maksimal, masih terkendala sejumlah infrastruktur, seperti belum tersedianya boks stasiun pendaratan dan isi ulang darat otomatis.

Terlepas dari itu semua, keberadaan drone memberikan kontribusi positif dalam pencegahan kebakaran dengan memantau secara rutin area rawan kebakaran dan pelanggaran peraturan kebakaran.

Drone juga digunakan untuk memantau aktivitas petugas yang sedang melakukan piket, sehingga dapat membantu melaporkan kinerja Disdamkarmatan.

"Kehadiran drone ini, harapannya dapat memberikan perlindungan yang lebih baik bagi masyarakat Kukar,” pungkasnya. (Adv Diskominfo Kukar/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama