Edi Damansyah Apresiasi 76 Desa Masuk Kategori Desa Mandiri


Kukar, Prediksi .co.id- Di tengah tantangan ekonomi dan sosial yang dihadapi oleh banyak desa di seluruh Indonesia, beberapa desa telah berhasil mencapai kemandirian dengan berbagai inovasi dan kerja sama masyarakat


Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengapresiasi sejumlah desa di wilayahnya masuk dalam kategori desa mandiri, dari 193 desa, 76 diantaranya telah termasuk dalam desa mandiri.


"Saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kepala desa, yang  masuk kategori desa mandiri," kata Edi, Selasa (14/5/2024).


Hal ini ia sampaikan saat apel pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-21 tingkat kabupaten. Kegiatan itu diselenggarakan di lapangan sepak bola di Kecamatan Kembang Janggut, Kukar pada Selasa (14/5).


Edi menyebut keberhasilan ini tak lepas dari kepemimpinan kepala desa yang memaksimalkan potensi wilayah masing-masing. Alhasil, keberhasilan itu meningkatkan pembangunan serta mensejahterakan masyarakat desa.


"Sangat luar biasa komitmen kepala desa dalam rangka penyelenggaraan dan pembangunan di wilayah desanya," ungkapnya.


Edi mengatakan salah satu desa yang memiliki potensi sebagai Desa Mandiri antara lain Kecamatan Kembang Janggut. pemberdayaan rumah warga menjadi penginapan dapat meningkatkan APBD.


"Saya dapat informasi penginapan-penginapan di Kembang Janggut penuh bahkan ada tamu yang tidur di masjid dan di langgar," terangnya.


Kegiatan BBGRM sendiri diikuti 30 kepala desa se-Kukar. Selain hadir memimpin dalam kesempatan itu, Bupati turut memberikan penghargaan dan bantuan laptop kepada kepala desa yang sudah menjadikan status desa mereka menjadi desa mandiri.


desa-desa dapat mencapai kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara signifikan. Mereka adalah inspirasi bagi desa-desa lain untuk terus berusaha dan bekerja sama dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi seluruh komunitas mereka. (Adv Diskominfo Kukar/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama