Pemuda Lebih Memilih Tambang Daripada Pertanian, Tani Bhakti Lakukan Ini


Kukar, Prediksi.co.id- Semakin bertambahnya jumlah generasi muda, tren kerja yang mereka pilih pun mengalami pergeseran. Salah satu pergeseran yang mencolok adalah banyaknya generasi muda yang lebih memilih untuk bekerja di sektor pertambangan daripada sektor pertanian. Hal ini menjadi perhatian serius karena sektor pertanian dianggap sebagai tulang punggung ekonomi di banyak negara berkembang.


Hal ini juga yang dirasakan oleh Desa Tani Bhakti, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara (Kukar), dilema? Sudah pasti, generasi muda lebih tertarik batu bara daripada sektor pertanian yang sebenarnya menjadi nadi kehidupan desa.


Kepala Desa Tani Bhakti, Muhammad Amin, tak kurang akal. Menurutnya, meskipun tambang batu bara menawarkan pekerjaan, itu bukan masa depan yang berkelanjutan.


“Pertanianlah yang akan terus menopang kehidupan desa,” ujar Amin, Selasa (21/5/2024)


Menurut Amin, Desa Tani Bhakti tidak gentar melawan arus. Mereka menggelar pelatihan pertanian dan perkebunan untuk membuka mata generasi muda, tentang potensi tersembunyi di sektor pertanian. Amin menekankan bahwa pertanian bukan hanya pekerjaan kasar.


“Dengan ilmu dan teknologi, bertani bisa menjadi profesi yang menjanjikan, bahkan membuat seseorang menjadi bos di tanah sendiri,” tegas Mohammad Amin.


Mohammad Amin bercita-cita membangun desa yang mandiri dalam pangan, tidak bergantung pada gemerlap batu bara.


“Jika pemuda desa memahami potensi dan manfaat pertanian, saya yakin mereka akan kembali ke tanah leluhur,” ungkap Mohammad Amin. (Adv Diskominfo Kukar/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama