Pentingnya Menjaga Fungsi Pendidikan di Samarinda, Peringatan dari Wakil Ketua Komisi IV DPRD Samarinda


Samarinda, Prediksi.co id- Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sani Bin Husain, menegaskan kepada para pendidik untuk selalu memperhatikan dan mengedepankan fungsi pendidikan demi kemajuan pendidikan di Samarinda.

Fungsi utama pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan individu dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat. Hal ini bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi individu yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermoral tinggi, sehat, berilmu, kompeten, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.


"Dasar dari pendidikan nasional kita berpegang pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," ujar Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Samarinda, pada Selasa (7/5/2024).


Sekolah merupakan institusi yang bertanggung jawab menyelenggarakan pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan individu secara menyeluruh. Sekolah berperan sebagai tempat untuk membentuk generasi muda yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan memiliki akhlak mulia.


Sekolah juga berfungsi sebagai wahana untuk mengembangkan siswa menjadi generasi yang berkarakter Pancasila. Di samping itu, sekolah bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai guna menghadapi era globalisasi. Tak hanya itu, sekolah juga menjadi tempat untuk menanamkan nilai-nilai budaya bangsa dan kearifan lokal kepada generasi muda. (Adv/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama